Monday, June 8, 2015

Pengertian LaTeX

LaTeX adalah bahasa markup atau sistem penyiapan dokumen untuk peranti lunakTeX. Tex merupakan program komputer yang digunakan untuk membuat typesetting suatu dokumen, atau membuat formula matematika. LaTeX memungkinkan penulis/penggunanya untuk melakukan typesetting dan mencetak hasil kerjanya dalam bentuk tipografi yag terbaik. Oleh karenanya LaTeX paling banyak digunakan oleh para matematikawan, ilmuwan, insinyur, akademisi, dan profesional lainnya. Pada awalnya LaTeX ditulis pada awal 1980-an oleh Leslie Lamport di SRI International. Versi paling mutakhir adalah LateX2e.
Beberapa keuntungan menggunakan LaTeX ialah :
  1. Memiliki format dokumen yang terstruktur sehingga membuat dokumen terlihat sangat profesional dan sempurna.
  2. Segala jenis formula matematis dapat dituliskan dengan mudah.
  3. List gambar, List tabel, Daftar Pustaka, footnote bahkan daftar isi dapat secara otomatis dibuat oleh program.
  4. LaTeX melatih dan memaksa pengguna untuk membuat dokumen dengan struktur yang baik dan benar, sehingga tidak terjadi kerancuan dalam penulisan.
Kerugian menggunakan LaTeX:
  1. Sangat sulit untuk menuliskan dokumen yang tidak terstruktur.
  2. Memerlukan kecerdasan manusia.
LaTeX merupakan perangkat lunak bebas, dan didistribusikan sesuai dengan ketentuan LaTeX Project Public License(LPPL) yang artinya LaTeX dapat digunakan oleh siapapun, menggunakan mesin komputer apapun, semuanya gratis.
Saat ini para pengguna LaTeX dimudahkan oleh TeX editor, beberapa TeX editor yang terkenal ialah Kile, Texmaker, dan Texworks.

source: http://id.wikipedia.org/wiki/LaTeX

No comments:

Post a Comment